Jumat, 02 November 2012

ANAKAN AYAM KETAWA



TELUR AYAM KETAWA
 
        Ayam ketawa betina sekali kawin akan menghasilkan kurang lebih 11 sampai 13 butir telur, tetapi daya tetas tinggi tidak terdapat pada telur pertama sampaitelur ketiga, hal ini karena pembuahan belum sempurna, jadi telur hanya menumpang lewat karena merupakan bentuk sel telur pertama, baru telur keempat dan seterusnya di pastikan telur, terisi dengan embrio.

Jadi saat telur ke satu sampai ke tiga keluar, kita ambil semua dan sisakan 1 butir telur sebagai pancingan agar betina terus bertelur.

Untuk menunjang masa kesuburan atau masa bertelur induk ayam ketawa, harus ditujang dengan pakan. Pakan yang digunakan selain poer diselingi dengan kacang hijau, fungsi kacang hijau sendiri adalah untuk meningkatkan daya tetas dan bisa menghasilkan telur lebih banyak dari ayam ketawa tersebut.


ANAKAN AYAM KETAWA

         Perawatan pada anakan ayam ketawa membutuhkan penanganan ekstra ketat, karena masa itu
merupakan masa rentan anakan ayam ketawa mudah terserang penyakit.Ayam ketawa anakan umur 1 sampai dengan 2 bulan, kesehatannya masih belum stabil, masih perlu divaksin.Vaksin yang diperlukan untuk anakan Ayam Ketawa adalah ND, Kumoro dan AI agar tahan terhadap penyakit.

         Anakan Ayam Ketawa yang berumur 1 sampai dengan 2 bulan, secara fisik mungkin hampir sama dengan anakan ayam kampung. dari warna, bentuk dan gerak geriknyapun  hampir sama atau identik. Ayam Ketawa seumuran ini masih berkotek seperti halnya anak ayam jenis kebanyakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar