Jumat, 02 November 2012

JENIS WARNA AYAM KETAWA



JENIS AYAM KETAWA
 
          Sebagian Tokoh masyarakat Bugis percaya bahwa warna yang terdapat pada seekor ayam ketawa memiliki arti atau makna, sehingga sebagian hobis ayam ketawa percaya atau memiliki kepercayaan tertentu pada ayam ketawa ini.
Menurut M Yusuf MD asal Kanie dan tokoh masyarakat bugis lainnya yang gemar dengan ayam ketawa, mendefinisikan ayam ketawa dibedakan menjadi beberapa jenis warna,meliputi :

Adapun arti warna dari ayam ketawa :

1. Bakka : Ayam ini berwarna dasar putih mengkilap dengan dihiasi warna dasar hitam, oranye, dan merah dengan kaki berwarna hitam atau putih.Ayam jenis ini di percaya akan mengembangkan harta dari pemiliknya.


2. Ceppaga Bolong : Ayam ini berwarna dasar Hitam dengan dihiasi bulu berwarna hitam dan putih, ditambah bintik putih dibadan sampai pangkal leher dengan kaki hitam, mempunyai arti pemiliknya menyimpan banyak harta.
3. Koro : Ayam ini bewarna dasar hitam dengan dihiasi bulu hijau, putih dan kuning mengkilap. Ayam ini dipercaya mampu menunjukkan keberadaan rezeki kepada pemiliknya.
4. Lappung :Ayam ini bewarna dasar hitam dengan dihiasi warna merah hati, dengan kaki hitam dan mata putih.Ayam jenis ini di percayai bisa mendatangakan harta.Sesuai artinya “lappung” dalam bahasa Bugis berarti menampung harta.
5. Ijo Buota : Ayam ini memiliki warna dasar hijau dihiasi merah, diselingi warna hitam di bagian sayap. Kakinya bewarna kuning. Ijo Bouta sendiri bermakna membuat harta bisa bertahan lebih lama Atau abadi.
6. Bori Tase’ : Ayam ketawa ini mempunyai warna dasar bulu merah dan dihiasi bintik kuning keemasan. Ayam ini juga dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan dan rezeki.
 
           Sehingga akhir- akhir ini banyak peminat yang mulai mengembang-biakan ayam ketawa ini, karena ayam ketawa ini  suaranya merdu bahkan terkadang ada yang terdengar lucu atau mengerikan, dan juga setiap warna mempunyai arti yang positif.

1 komentar:

  1. kalo warna ny merah kecoklatan dan di dada ny ada bulu2 putih , kaki ny kehijauan itu jenis apa ya gan ? makasih

    BalasHapus